Jumat, 03 Mei 2013

Bahan Kain Batik

Bahan Tekstil yang sering digunakan pada kain Batik :

1. Katun
 
Kain katun berasal dari serat kapas (cotton) yang merupakan salah satu serat alam. Bahan katun ini mempunyai daya serap yang baik sehingga nyaman dipakai karena mudah menyerap keringat namun mudah kusut. Bahan Katun ini banyak digunakan dalam dunia Batik, baik tulis cap, kombinasi maupun printing.
Nama dagang bahan ini antara lain : Katun Biru, Katun Prima, dan Katun Primis.

2. Rayon

Kain Rayon berasal dari serat semi sintesis alam yang berbahan dasar dari kayu sehingga mempunyai daya serap yang bagus seperti serat alam pada umumnya sehingga nyaman dipakai. Kain ini bisa digunakan untuk Batik Cap, Batik Tulis, Batik Kombinasi maupun printing. Jenis kain rayon yang digunakan dalam dunia batik bermacam-macam antara lain : Shantung, Rayon Dobi dan Rayon Twill.

3. Sutra 
 
Kain Sutra berasal dari serat sutra yang diolah dari kepompong ulat sutra. Kain sutra sering digunakan untuk membuat Batik Tulis, Batik Cap dan Batik Kombinasi Tulis dan Cap.
Batik Sutra membutuhkan perawatan yang khusus baik dalam pencuciannya maupun penyimpanannya agar tetap awet.

4. Sintesis
 
Kain Sintesis adalah kain yang dibuat dari serat sintesis (buatan) yang merupakan turunan dari minyak bumi. Kain ini mempunyai kilap yang bagus namun daya serap airnya yang rendah.Kain jenis ini dipakai untuk Tekstil bermotif batik yang diproses secara printing. Jenis kain ini antara lain : Poliester dan Nylon.

5. Campuran
 
Kain campuran biasanya terdiri dari kombinasi serat alam dan serat buatan (sintesis) maupun serat alam dengan serat semi sintesis. Seperti : Katun Saten (Katun dan Rayon), PC (Poliester dan Katun), PR (Poliester dan Rayon) dll. Kain ini bisa digunakan pada proses Batik Tulis, Cap, Kombinasi maupun Printing.
Karena di dalamnya masih terkandung serat Alam maka kain ini mempunyai daya serap yang cukup tergantung persentase serat alam yang digunakan.
Kain Campuran mempunyai keunggulan dari masing-masing serat yang membentuknya.

Demikian beberapa jenis kain yang digunakan dalam perbatikan, semoga bermanfaat dalam memilih batik yang akan kita beli.

Tidak ada komentar: